11 Maret, 2010

Hari Baik Buat Sepak Bola Menyerang

Hari ini saya dibuat tercengang dan kagum oleh keputusan berani, mungkin bisa juga dibilang perjudian, dari seorang Jaya Hartono. Ia memasukan 4 strikernya untuk mengejar defisit gol.

Persib dikejutkan oleh gol cepat di menit awal oleh sang tamu Bontang FC. Kenji, striker BFC asal Jepang, menghukum Persib atas blunder yang dibuat Maman.

Tekanan terus dilakukan oleh pasukan Maung Bandung. Bahkan menjelang akhir babak pertama Jaya Hartono merubah formasi baku 3-5-2 menjadi 3-4-3 dengan menarik Gilang Angga Kusuma dan memasukan Si Piton, Budi Sudarsono. Namun apa daya gol belum kunjung datang sampai dengan wasit Armando Pribadi asal Jakarta meniup peluit tanda waktu istirahat.

Kejutan terjadi di babak kedua pada saat ketegangan semakin memuncak kala anak-anak BFC berhasil membuat Persib terlhat frustasi. Jaya kembali melakukan pergantian pemain dan yang sangat mencengangkan adalah ia menarik Maman Abdurahman yang notabene seorang center back dengan Airlangga Sucipto seorang striker. Ini berarti Jaya kembali berjudi dengan memainkan pola 2-4-4. Sungguh langkah yang sangat berani dan jarang diperlihatkan oleh pelatih-pelatih lain sekelasnya di Liga Nasional.

Perjudian Jaya akhirnya mendapatkan imbalan dengan datangnya gol penyeimbang dari Christian 'El Loco' Gonzales melalui sebuah sundulan dari set piece tendangan pojok yang dikirimkan dengan tepat oleh Eka 'Ebol' Ramdhani pada menit 74. Pertandingan semakin menarik dan terbuka. Akhirnya layaknya seorang yang baru mendapatkan jackpot di Las Vegas, Jaya melompat kegirangan pada saat Hilton Moriera berhasil mencetak gol kemenangan dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang BFC pada menit 83.

Duel Persib kontra Bontang FC sore hari ini memberikan hembusan nafas segar bagi persepakbolaan nasional. Tanpa bermaksud membesar-besarkan secara berlebihan. Namun saya salut akan pendekatan Jaya dalam menganalisa dan akhirnya menyikapi keadaan dengan keluar menyerang. Persib butuh kemenangan untuk bisa tetap menjaga kans menjadi juara. Jadi tidak ada bedanya kalah 1-0 dengan 5-0. Kalau mau balas mencetak gol dan menang ya harus menyerang. It's that simple.

Hari ini benar-benar hari baik buat sepak bola menyerang! (JS)

Sent from The Theatre of Dreams

1 komentar:

Khendroid mengatakan...

hidup persib!!