01 Agustus, 2011

Siklus Itu (Mau) Datang Lagi

Dua orang teman kantor minggu kemarin keluar dari kantor untuk cari peruntungan baru di tempat lain. Banyak teman-teman di lantai saya bekerja, bahkan mungkin dari lantai lain pun ada, mulai berpikir "apa kita juga harus mulai mencari?"

Biasanya sih siklus seperti ini kerap berulang. Dimulai dari satu dua orang terus akan menyusul gerbong yang lain. Macam-macam alasannya. Dari yang memang merasa tidak diberi kesempatan berkembang sampai ada yang dapat kesempatan dan hoki yang jauh lebih baik.

Apa pun alasannya siklus ini sebenarnya baik. Disengaja atau tidak siklus ini membuka kesempatan buat orang yang masih betah atau terpaksa betah punya kesempatan untuk mulai berhitung. Yang menarik sebenarnya adalah menunggu perubahan besar yang biasanya menunggu diakhir tahun. Apalagi buat teman-teman yang sudah lama berkutat di tempat yang itu-itu saja bisa berandai-andai untuk diberi kesempatan dipercaya untuk memegang tanggung jawab anyar.

Lucu kalau diperhatikan. Ada yang mulai kasak-kusuk, ada pula yang santai, malah ada juga yang berdoa setengah mati supaya tidak dipindah. Ada yang memulainya dengan selalu reply twitter sangkutan nasibnya. Ada juga yang lebih suka cara lama yang lebih konvensional. Macam-macam tingkah polahnya.

Yah apa pun tanggung jawabnya dan siapa pun yang diberikan kesempatannya sebenarnya tidak begitu penting buat saya. Keadaan ini menarik saja buat saya perhatikan. Naik turun roda hidup dan Seleksi alam yang kadang lucu tapi tidak jarang juga terasa mengenaskan. Melihat ada yang berhasil, tapi tidak sedikit pula yang gagal dan malah mental.

Inilah hidup. Hiburan yang murah meriah gratis tanpa harus bayar iuran bulanan. Kalau ada waktu senggang coba perhatikan. Syaratnya cuma satu kalau mau terhibur, jangan terlalu serius memaknainya. Dibawa enteng aja bray!

Tidak ada komentar: